Custom Bond, Contractor All Risk (CAR) & EAR

  1. Custom Bond

Custom Bond merupakan bentuk jaminan yang dikeluarkan oleh Perusahaan Penjamin, sehubungan dengan adanya berbagai fasilitas khusus kepabeanan bagi perusahaan industri manufaktur, seperti penundaan bea masuk, bea masuk tambahan / pembebasan bea masuk.

Status dan kedudukan para pihak yang terkait dengan Customs Bond adalah :

  1. Surety adalah perusahaan asuransi kerugian yang mempunyai izin usaha di Indonesia untuk melakukan penutupan Customs Bond.
  2. Principal (Terjamin) adalah perusahaan yang mendapat fasilitas penangguhan/pembebasan pungutan Negara, dan terikat kewajiban yang timbul dari fasilitas tersebut.
  3. Obligee (Penerima Jaminan) adalah Menteri Keuangan atau Pejabat yang ditunjuk, seperti Direktur Jenderal Bea dan Cukai atau Kepala Bapeksta Keuangan.

Jenis Jenis Customs Bond :

  1. Customs Bond – KITE adalah jaminan terhadap pembebasan/penangguhan pembayaran Bea Masuk dan Bea Masuk Tambahan serta Pajak Pertambahan Nilai atas barang dan bahan asal Impor yang dipergunakan dalam pembuatan komoditi ekspor.
  2. Customs Bond – Kaber adalah jaminan terhadap pembebasan Bea Masuk dan Bea Masuk Tambahan serta penangguhan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai atas barang dan bahan yang berasal dari Kawasan Berikat (EPTE) untuk direparasi/dipinjam, diproses (subkontrakan), dicuci dan lain-lain diluar Kawanan Berikat (EPTE), dan selanjutnya akan dikembalikan lagi ke dalam Kawasan Berikat (EPTE).
  3. Customs Bond – OB23 adalah jaminan atas pembebasan Bea Masuk dan Bea Masuk Tambahan serta Penangguhan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai untuk Barang yang di Impor Sementara.
  4. Customs Bond – SPKPBM (Surat Pemberitahuan Kekurangan Pembayaran Bea Masuk) –> Notul (Nota Pembetulan) adalah jaminan atas kurang dibayarnya Bea Masuk dan pungutan impor lainnya sebagai akibat penetapan oleh Pejabat Bea & Cukai mengenai tariff dan/atau nilai pabean yang diajukan keberatan.
  5. Customs Bond – TPS adalah jaminan bagi pengelola TPS menjalankan kegiatan usahanya sesuai ketentuan Bea & Cukai pada saat proses barang ditimbun/disimpan di TPS/Gudang sebelum diangkut ke tujuan akhir (pelabuhan tujuan/importir/pabrik).
  6. Customs Bond – Angkut Lanjut & Customs Bond – Jasa Titipan
  7. Exise Bond adalah jaminan atas pungutan negar yang dikenakan terhadap produsen dan importir barang kena cukai (BKC) yang diproduksi oleh industri Etanol dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ataupun hasil tembakau.

KELEBIHAN CUSTOM BOND:  

  1. Tidak mensyaratkan jaminan uang atau agunan
  2. Tidak membebankan biaya produksi
  3. Beban yang dibayar dalam bentuk biaya jasa yang relative ringan.

Fungsi Customs Bond adalah Jaminan yang dapat digunakan untuk menjamin pembayaran pungutan Negara yang ditangguhkan, seperti :

  1. Pungutan Negara atas impor barang yang ada kaitannya dengan pemberian fasilitas di Tempat Penimbunan Berikat.
  2. Pungutan Negara atas impor barang dan bahan yang ditujukan untuk memproduksi barang ekspor.
  3. Pungutan Negara atas barang yang diimpor sementara.
  4. Pungutan Negara atas impor barang yang diberikan ijin pengeluaran lebih dahulu dengan penangguhan bea masuk dan pungutan impor lainnya.
  5. Pungutan Negara yang kurang dibayar sebagai akibat penetapan oleh Pejabat Bea dan Cukai mengenai tarif dan/atau nilai pabean yang diajukan keberatan.
  6. Sanksi Administratif berupa denda yang ditetapkan oleh Pejabat Bea dan Cukai yang diajukan keberatan.

Customs Bond yang diterbitkan oleh Surety mempunyai jangka waktu berlaku yang terbatas.

Selama masa penjaminan (jangka waktu Customs Bond), pihak yang dijamin (Principal) kemungkinan akan melakukan 2 hal, yaitu :

  1. Principal memenuhi semua kewajibannya kepada Obligee.

Dalam hal Principal telah melaksanakan seluruh kewajibannya, maka pihak Penerima Jaminan (Obligee) menyerahkan kembali Customs Bond kepada Principal dan penjaminan dinyatakan selesai.

  1. Principal belum/tidak memenuhi kewajibannya kepada Obligee.

Dalam hal Principal belum atau tidak memenuhi kewajibannya hingga tanggal berakhirnya Customs Bond, maka Obligee dapat meminta Surety untuk membayar kewajiban Principal yang masih terhutang atau Customs Bond dicairkan,

Pembayaran harus dilakukan oleh Surety kepada Obligee dalam jangka waktu 14 hari kerja sejak tanggal berakhirnya Customs Bond.

Kelalaian Surety dalam melakukan pembayaran atas Customs Bond yang dicairkan, dapat dikenakan sanksi sebagai berikut

  • Obligee dapat menolak Customs Bond baru yang diterbitkan oleh Surety yang bersangkutan.
  • Obligee dapat menyerahkan upaya untuk memperoleh pembayaran dimaksud kepada Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara atau Kantor Pelayanan Pajak.

Persyaratan Penerbitan Custom Bond

Dokumen Umum :

1. Company Profile
2. Daftar Pengalaman Kerja
3. Laporan Keuangan 2 (dua) Tahun terakhir (Audited)
4. Data Pendirian Perseroan / Perusahaan, seperti : Akte Pendirian serta Perubahannya, SIUP, KTP,TDP, NPWP.

Dokumen Khusus :

1. Surat Permohonan (disediakan)
2. Mengisi Indemnity Agrement to Surety, Formulir disediakan.
3. Kontrak / PO / SPK / SKEP / PIB / Invoice.

2. Asuransi CAR ( Contractors All Risk )

 

Asuransi CAR (Contractor All Risks Insurance) adalah asuransi yang menjamin atas kerusakan atau kerugian objek yang dipertanggungkan pada saat pelaksanaan pembangunan/pemasangan konstruksi dan selama masa pemeliharaan. Selain itu, jaminan juga diberikan atas tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga selama aktifitas pembangunan konstruksi tersebut. Contoh: pembangunan jalan, jembatan, gedung, dll.

3. Asuransi Pemasangan (Erection All Risks Insurance / EAR) 

Asuransi EAR memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian objek yang dipertanggungkan pada saat pemasangan konstruksi dan selama masa pemeliharaan. Selain itu, jaminan juga diberikan atas tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga selama aktifitas pemasangan konstruksi tersebut. Contoh: pemasangan mesin pabrik, pemasangan antena, dll.

4. Asuransi Rekayasa Proyek

Asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian akibat kerusakan material dan tanggung jawab terhadap pihak ketiga selama masa pembangunan (construction) atau pada saat pemasangan (erection), serta kerusakan atau kerugian pada peralatan mesin atau elektronik.

© 2017 - PT. Berkah Raffles Cemerlang Developed by Lawang Techno
error: Content is protected !!